Cara Flash Lenovo A319

Halo teman semua kali ini saya ingin berbagi artikel tentang Cara Flash Lenovo a319 yang mengalami bootloop,  ponsel  Lenovo A319 memiliki memory internal  4Gb dan ram 512m, dan bila memory sudah sedikit bisa membuat ponsel menjadi lemot dan bisa menyebabkan ponsel menjadi  bootloop atau tidak bisa masuk ke menu utama.

Sama seperti kasus yang saya alami ini, ada user yang datang ke toko membawa ponsel Lenovo A319 dalam keadaan bootloop. Menurut dia sih ponselnya sudah terasa lemot dan memory internal juga sudah nyesek ditambah anaknya  menginstall game baru di ponsel tersebut  walhasil bootloop lah tu ponsel ketika diRestart.

Untuk sekedar info saja teman-teman jika ponsel anda sudah terasa sangat lemot dan memory internal  sudah sedikit atau sudah nyesek usahakan untuk menghapus aplikasi  yang tidak terlalu penting karea jika anda masih memaksakan bisa membuat kerusakan pada software ponsel anda atau ponsel anda menjadi bootloop dan data-data anda malah hilang semua. Dan yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan kerusakan pada hardware ponsel tersebut atau EMMC rusak, malah jadi repot kan.

Jika hanya bootloop masih bisa diperbaiki dengan melakukan wipe data melalui Recovery mode atau dengan cara melakukan flashing. Namun jika EMMC yang rusak anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sekitar 250 ribuan lumayan besar.

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada ponsel anda software atau hardware anda bisa mencoba dengan cara memflash ponsel tersebut dengan cara yang akan saya tulis dibwah ini, sebelumnya anda harus mempersiapkan bahan-bahan sebagai penunjang agar proses flash berjalan sukses dan ponsel  anda normal kembali.

Bahan-bahan :

  1. Firmware Lenovo A319
  2. Driver Usb Mtk
  3. Sp Flashtool dan
  4. Kabel data





Langkah Flashing :

  1. Extract semua bahan yang sudah anda download
  2. Install driver usb mtk
  3. Buka folder sp flashtool dan klik flashtool.exe
  4. Klik scater-loading lalu masukan MT6572_Android_scater yang ada pada folder firmware yang sudah anda extract
  5. Klik download
  6. Hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel data sambil tekan dan tahan tombol Volume atas
  7. Jika driver sudah anda install proses flashing akan berjalan
  8. Tunggu hingga proses flash sukses ditandai dengan keluar kotak dengan lingkaran hijau pada komputer andacara flash hp lenovo a319
  9. Proses Flashing Selesai

Cabut batre ponsel anda kemudian pasang lagi lalu hidupkan ponsel anda. Tunggu ponsel sampai berhasil masuk kemenu utama, Selamat ponsel anda sudah normal kembali seperti baru. Jika ponsel anda masih bootloop coba anda melakukan wipe data melalui recovery mode, silhakan anda ikuti caranya dibawah ini

Baca juga : Cara Flash Meizu M2 Note

  • Posisikan ponsel anda pada keadaan off
  • Tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power sampai masuk kemenu fastboot ditandai dengan tulisan pilihan warna putih ditengah layar ponsel
  • Pilih Recovery menggunakan tombol volume atas atau bawah
  • Tunggu hingga ponsel berhasil masuk ke Recovery
  • Pada Recovery Mode Pilih Wipe/Factory data
  • Pilih yes (ponsel melakukan factory data)
  • Lalu pilih wipe cache (ponsel melakukan wipe cache)
  • Pilih Reboot system now

Ponsel anda akan melakukan Restart dan sekali lagi tungggu hingga ponsel menyelesaikan boot pertama dan berhasil masuk kemenu utama. Selamat ponsel anda sudah normal kembali seperti baru.

Demikianlah Cara Flash Lenovo A319 semoga bermanfaat untuk anda semua dan para pembaca yang lain. Jika anda menemukan kesulitan dalam melakukan cara flashing diatas anda bisa memberkan komentar melalui kolom dibawah.

 

Terima kasih

Tulis Komentar anda disini